RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMK N 6
Mata
Pelajaran : KEWIRAUSAHAAN
Kelas/Semester
: XI/1
Pertemuan
: 2 dan 3
Alokasi Waktu : 4x45
menit
Standar Kompetensi : Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
Kompetensi Dasar : Menganalisis
Peluang Usaha
Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Mengidentifikasi peluang dan resiko usaha
- Menjelaskan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
- Membuat pengembangan ide dan peluang usaha
- Mengidentifikasi kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
- Mendeskripsikan pemetaan peluang usaha
- Menerapkan pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi peluang dan resiko usaha
- Siswa dapat menjelaskan dan mendeskripsikan faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
- Siswa dapat membuat pengembangan ide dan peluang usaha
- Siswa dapat mengidentifikasi kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
- Siswa dapat mendeskripsikan pemetaan peluang usaha
- Siswa dapat menjelaskan dan menerapkan pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
B. Uraian Materi Pembelajaran
- Peluang dan resiko usaha
- Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
- Mengembangkan ide dan peluang usaha
- Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
- Memetakan peluang usaha
- Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandi
|
Merencanakan Usaka Kecil/Mikro
|
Membahas peluang dan resiko usaha, dan
faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan dan keberhasilan suatu usaha
|
Siswa dapat merencanakan dan menjalankan serta
mengembangkan peluang usaha
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.Kegiatan awal
a. Apersepsi
- Mengucapkan salam serta membaca doa sebelum memulai jam pelajaran
- Guru mengulas kembali pembahasan materi yang sebelumya, kemudian guru memberikan penjelasan yang singkat dan jelas mengenai analisis peluang usaha sebelum siswa melihat penayangan video yang berhubungan dengan peluang usaha.
- Guru membagi kelompok diskusi dan disesuaikan dengan jumlah siswa.
b. Motivasi
- Memberi penayangan video atau gambaran sikap keberhasilan kepada siswa
Alokasi
Waktu : 1x45menit
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa dapat menjelaskan dan menaganalisis peluang usaha.
Elaborasi
- Secara berkelompok siswa melakukan pengamatan dan berdikusi tentang perencanaan usaha mikro.
- masing-masing kelompok mempresentasikan tugas kelompoknya di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi serta melakukan tanya jawab kepada kelompok presentasi.
- Siswa membuat kesimpulan perencanaan usaha mikro dengan bimbingan guru.
Konfirmasi
dalam
kegiatan konfirmasi, siswa:
- Memberi tanggapan hasil dari diskusi .
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Alokasi
Waktu : 2x45 menit
3. Kegiatan
Akhir
- Guru menunjuk beberapa siswa untuk memberi kesimpulan akhir mengenai perencanaan usaha mikro.
- Guru memberi penguatan dan menyimpulkan tentang perencanaan usaha mikro.
E. Sumber
dan Alat Belajar
- Buku kewirausahaan kelas XI
- Rekaman video, Laptop, dan In fokus, spidol.
- Sumber lain yang Relevan
F. Penilaian
Indikator pencapaian Kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/soal
|
Mengidentifikasi
peluang dan resiko usaha
|
Unjuk kerja dan penguasaan materi kelompok
|
Responding
|
Memberikan informasi peluang dan resiko usaha
|
Menjelaskan
faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
|
Tes lisan dan penguasaan materi kelompok
|
Mengulang secara lisan
|
Memberikan ungkapan faktor-faktor keberhasilan dan
kegagalan usaha
|
Membuat pengembangan ide dan peluang
usaha
|
Unjuk kerja dan penguasaan materi kelompok
|
Responding
|
Memberikan informasi pengembangan ide peluang
usaha
|
Mengidentifikasi kemungkinan keberhasilan dan
kegagalan
|
Unjuk kerja dan penguasaan materi kelompok
|
Responding
|
Memberikan informassi tentang keberhasilan dan
kegagalan dalam usaha
|
Mendeskripsikan pemetaan peluang usaha
|
Unjuk kerja dan penguasaan materi kelompok
|
Mengulang secara lisan
|
Memberikan informasi tentang memetakan peluang
usaha
|
Menerapkan pemanfaatan peluang secara kreatif
dan inovatif
|
Unjuk kerja dan penguasaan materi kelompok
|
Responding
|
Memberikan informasi tentang pemanfaatan
peluang secara kreatif dan inovatif
|
Format
Kriteria Penilaian
- Produk(hasil diskusi)
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1.
|
Konsep
|
Semua Benar
|
4
|
Sebagian Besar Benar
|
3
|
||
Sebagian Kecil Benar
|
2
|
||
Semua Salah
|
1
|
-Performance
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
SKOR
|
1.
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
|
4
|
Kadang-kadang pengetahuan
|
2
|
||
Tidak pengetahuan
|
1
|
||
2.
|
Praktek
|
Aktif
|
4
|
Kadang-kadang aktif
|
2
|
||
Tidak aktif
|
1
|
||
3.
|
Sikap
|
Sikap
|
4
|
Kadang-kadang aktif
|
2
|
||
Tidak aktif
|
1
|
-Lembar Penilaian
No
|
Nama
siswa
|
performance
|
produk
|
Jumlah skor
|
nilai
|
||
pengetahuan
|
praktek
|
sikap
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
Desember 2013
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Kewirausahaan
(.......................................) (.............................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar